Kisah Lulus UJIAN

Kelulusan tahun 2010-2011 di SMA YP UNILA
 Ada sebuah cerita dari salah seorang siswa yang dulu kuajar, ia sekarang sedang berkuliah di salah satu universitas negeri di Indonesia. Cerita ini sederhana namun layak untuk dituliskan karna aku sendiri kagum dengan siswa tersebut. Pada hari itu, ialah hari pertama Ujian Nasional (UN)untuk tingkat SMA. Siang harinya setelah pelaksanaan hari pertama UN, siswa itu menghubungi saya lewat FB chat yang sekedar ingin berbagi tentang perasaannya melewati hari pertama UN. Selain merasakan ketegangan yang besar, Ia pun merasakan dilema dan ragu menjalani hari pertamnya, rasa yang sama dirasakan oleh jutaan siswa diseluruh pelosok negeri. Bagaimana tidak, Sesuai dengan ceritanya ia memutuskan untuk mengerjakan soal UN dengan kepercayaan dan kemampuannya sendiri, tidak mengindahkan bantuan SMS Kunci Jawaban yg pada saat itu marak beredar. Namun,teman- teman sekelas yang satu ruang dengan ia sempat membisikan ketakutan dengan berkata, "ah sudah sih nyontek saja, daripada kamu nanti gak lulus.". Kontan hal tersebut membuat siswa itu ragu. Ia meminta sumbang saran kepada saya sebagai salah seorang gurunya tentang apa yang harus dia lakukan. Dan saya berkata bahwa Belajar adalah sebuah kegiatan yang dinamis, ada masa pasang surut baik dari segi input dan output. Pada saat ada penurunan dalam hasil sesungguhnya itu merupakan hal yg sangat wajar, bahkan kegagalan sekalipun. Belajar adalah sebuah proses yang mengarah kepada hasil belajar. Buatlah proses sebaik dan selayak mungkin untuk menciptakan hasil yang sesuai, dan hasil itulah proses dari kerja keras kita. Percayalah kepada dirimu dan apa yang kau percayai,yakinlah bahwa kamu bisa karna kamu belajar dan sudah menguasai materi sebelumnya. Lakukanlah karna inilah hal yang terbaik bagimu. Kalau kamu lulus, itu hasilmu dan kamu harus bangga dan puas, kalau kamu belum lulus, itulah hasilnya dan kamu harus berusaha untuk membayar kegagalan tersebut dengan kesuksesan selanjutnya. Percayalah bahwa kesuksesan setelah berjuang sensasinya luar biasa. Sebelum mengakhiri chat, Ia mengatakan akan berusaha dan minta didoakan supaya lulus.
Kelulusan 2010-2011 - Menanti
Kelulusan 2011-2012

 Beberapa pekan setelah pelaksanaan UN berakhir, tibalah hari pengumuman. Siswa - siswi di SMA tempat saya mengajar menunggu dengan perasaan yang terlihat dari wajah mereka yang penuh kegugupan dan ketakutan. Setalah beberapa saat menunggu, dibagikanlah amplop kepada seluruh siswa. Semua siswa lulus termasuk siswa yang pada hari pertama UN chat dengan saya. Yang lebih menggembirakan bahwa siswa itu tidak hanya lulus namun siswa itu mendapat prestasi dengan meraih niai terbesar pertama untuk jurusannya se Lampung. Sesaat setelah pengumuman saya sempat bertemu dengannya dan iapun menghampiri saya untuk berjabat tangan, saya tepuk pundaknya sambil ucapkan selamat, dan acungkan kedua ibu jari saya untuk menunjukan kesalutan saya dengan usaha dan hasil yang ia capai. "Selamat nak, terus berjuang dan yakin dengan dirimu. Sukses ya. ". SEKIAN

Komentar

Postingan Populer