Tayangan Penggugah Jiwa

Suatu sore menjelang ashar aku sibuk dengan pekerjaanku yang berurusan dengan komputer. Memang pada saat tidak ada sesuatu hal yg bisa dikerjakan, komputer adalah pelarian terbaik. Tak jauh dari meja komputer tersebut, ada sebuah pesawat televisi tua, yg bahkan umurnya lebih tua dari adik saya, siswa SMP kelas 3. Televisi itu kubiarkan menyala, sesekali ku menoleh kesebelah kiri untuk melihat siaran televisinya. Ku bergerak kearah televisi itu, dan memutuskan untuk memindah channelnya, siapa tahu ada acara yg lebih bagus untuk ditonton pada waktu sore tersebut. Setelah beberapa kali menekan tombol program, pilihanku berhenti di sebuah TV yg dipimpin oleh Pria Berjenggot lebat, ya Metro TV. Entah apa yg membuatku menjatuhkan pilihan ke stasiun TV tsb. Ku putuskan kembali ke meja komputer yang berada tidak jauh dri pesawat televisi itu. Sesekali melirik mencoba menerka apa yang sedang ditayangkan televisi berlogo elang tsb. Ternyata TV itu sdang menayangkan Journal/ Perjalanan para beswan SSEAYP.




SSEAYP sendiri ialah program yang diberikan oleh pemerintah negara2 di Asia untuk para mahasiswa yang berkompeten dan berkarakater dalam kemampuan akademis, sosial, dan budaya. Lama kelamaan aku larut dalam tayangan tersebut, yang membuat ku meninggalkan kesibukanku dengan komputer itu. Ditayangkanlah beberapa kegiatan mereka diatas kapal Nipponmaru, kapal pesiar milik pemerintah Jepang, yang membawa para beswan SSEAYP untuk berkeliling negara - negara di Asia. Singkat kata tayangan tersebut mampu membawa emosiku melayang, membayangkan bagaimana seandainya diriku yang berada disana, tentunya aku akan sangat bahagia, begitupun keluargaku dan orang - orang yang ada disekelingku. Pada saat itu juga timbul perasaan kecewa karna belum bisa memberikan kebanggaan dalam bentuk prestasi ke keluargaku. Berdebar dada ini melihatnya, gemetar tubuh ini, dan matapun berkaca - kaca pada saat akhir tayangan tersebut yang menampilkan salah seorang beswan melambaikan tangan sebagai bentuk perpisahan kepada induk semangnya, karna ia harus melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya, dengan diiringi oleh score Gita Gutawa yang aku tidak tahu judulnya, seakan membuat perasaanku semakin kacau, semakin larut dan terlarut dalam iri, sedih, kecewa, ingin.

Dan akibat tontonan itulah yang memotivasiku untuk mendapatkan beasiswa IELSP, beasiswa untuk belajar bahasa Inggris dan Budaya selama 2 bulan di universitas yang berada di Amerika Serikat, yang alhamdulillah saya dapatkan setelah mengikuti beberapa proses seleksi. Salah satu ucapan terimakasih atas terpilihnya saya menjadi peneriman beasiswa IELSP tersebut ialah tentu saja saya tujukan ke tayangan penggugah semangat tsb. SSEAYP journal di Metro TV

Komentar

Postingan Populer